Kapitalau Kampung Bandil Pajang Baliho Realisasi APBKamp Guna Transparansi Keuangan Negara - Portalsitaro.com

Thursday, 1 July 2021

Kapitalau Kampung Bandil Pajang Baliho Realisasi APBKamp Guna Transparansi Keuangan Negara

FOTO: Baliho Realisasi APBKamp
Kampung Bandil 

PORTALSITARO -
Anggaran Belanja Kampung atau dikenal dengan APBKamp, merupakan rencana keuangan tahunan pemerintahan Kampung yang telah dibahas dan ditetapkan oleh Kepala Kampung (Kapitalau) bersama Badan Permusyawaratan Desa di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akrab dikenal dengan Majelis Tua-Tua Kampung (MTK) melalui Peraturan Kampung. Tahun anggaran APBKamp meliputi masa satu tahun, mulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember. APBKamp terdiri atas bagian pendapatan Kampung, belanja Kampung dan pembiayaan.

Salah satu informasi yang dikelola oleh pemerintah Kampung ini bukan merupakan informasi yang dikecualikan sehingga wajib untuk diinformasikan kepada masyarakat. Hal yang menjadi atensi publik dari APBKamp ini adalah aspek keterbukaan (transparansi) oleh Pemerintah Kampung.

FOTO: Perangkat Kampung 
Sedang Memajang Baliho APBKam

Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Hak atas Informasi ini sangat penting, semakin terbukanya penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, alhasil penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut terlihat di Kampung Bandil Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Kepulauan Sitaro Provinsi Sulawesi Utara, pemerintah kampungnya memajang baliho atau papan informasi APBKamp guna transparansi atau keterbukaan penggunaan anggaran selama setahun kepada mayarakat.

"Transparansi atau keterbukaan anggaran wajib disampaikan kepada masyarakat, agar dapat diketahui penggunaan atau realisasi anggaran tahun sebelumnya dan anngaran yg akan digunakan di tahun 2021. Dengan demikian tidak menimbulkan tanda tanya di masyarakat hal apa saja yg dilakukan dan dikerjakan pemerintah Kampung," terang Roni Sumelung selaku Kapitalau Kampung Bandil lewat aplikasi android Whatsapp Rabu, (30/06/2021).

Sambungnya lagi, tahun 2020 ada program fisik pembangunan sumur bor berlokasi di beberapa titik di Kampung Bandil. Tahun ini 2021 masuk bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Beebasis Masyarakat (Pamsimas).

"Tahun lalu dibangun sumur bor dan jaringan perpipaan di lindongn III, 2 unit bak penampung di lindongn II, dan tahun ini rencana 2 unit sumur Bor, di lind.I dan 2, 1 unit bak air lind. I, Serta pembuatan pagar mini 320 metet untuk meperindah skaligus merubah wajah kampung. Tahun ini juga ada bantuan program Pamsimas jaringn air bersih," imbuhnya

Selaku pimpinan Kampung Bandil (Kapitalau) Roni Sumelung bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kasih dan perlindunganNya program-program tersebut bisa terlaksana dengan baik, sekaligus memberikan apresiasi kepada perangkat Kampungnya dan MTK yang sudah berkontribusi besama demi membangun Kampung Bandil lebih berkembang dan sejahtera melalui program-program yang sudah direncanakan sebelumnya. Tidak lupa juga Roni Sumelung mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kampung Bandil atas masukan-masukan dan suport serta kritikan kepada pemerintah Kampung agar lebih baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas negara yang di emban.

"Bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kasih karunia dan penyertaanNya kita bisa melaksanakan tugas negara dengan baik. Apresiasi juga kepada aparatur Kampung yang sudah membantu tugas Kapitalau dari perencanaan hingga realisasi program yang sudah di Musyawarakan sebelumnya. Terima kasih juga kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan berupa suport melalui masukan dan kritikan terhadap kepemimpinan kami, tanpa adanya masyarakat kami bukanlah apa-apa. Masyarakat dpt melihat langsung apa saja yang kami kerjakan selama tahun sebelumnya pada baliho informasi transparansi keuangan Kampung yang terpasang," tutup Roni Sumelung.

(Admin)

Comments


EmoticonEmoticon