Pemda Sitaro Gelar Rapat Forkopimda Guna Penanganan Wabah Covid-19 - Portalsitaro.com

Friday, 9 July 2021

Pemda Sitaro Gelar Rapat Forkopimda Guna Penanganan Wabah Covid-19


PORTALSITARO - 
Berlokasi di Gasebo rumah dinas Bupati Kepulauan Sitaro di Kelurahan Paseng  Kecamatan Siau Barat, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, menyelenggarakan rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kamis (08/07/2021).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Sitaro Jhon H Palandung, M.si, dan diikuti secara daring oleh para Camat khusus wilayah Tagulandang dan Biaro.

Diketahui, pelaksanaan rapat ini bertujuan, membahas pencegahan peningkatan kasus dan penanganan wabah Corona Virus Deseases (Covid-19) di daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, dengan memperhatikan hal - hal yaitu : 

1. Pelaksanaan Edaran Gubernur Sulawesi Utara nomor.440/21.450/Sekr-Dinkes tentang antisipasi peningkatan kasus covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara.

2.pengawasan terhadap pendatang di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro

3. Masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap himbauan Pemerintah terkait dengan penerapan protokol kesehatan 5 M. 

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, selaku pimpinan rapat, menyampaikan bahwa, "sesuai dengan edaran Menteri Dalam Negeri, nomor 17 Tahun 2021 tentang penanganan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Provinsi, Kabupaten/Kota, ini betul-betul dapat kita lakukan, juga Edaran Gubernur Sulawesi Utara, ada 15 Kabupaten/Kota, yang tentunya merupakan perhatian setelah adanya peningkatan kasus yang sangat luar biasa di sembilan Kabupaten/Kota, untuk itu kita harus mengantisipasi lonjakan wabah virus corona, sehingga juga ada surat edaran Bupati Kepulauan Sitaro, nomor 44/SE/VII - 2021, tentang antisipasi peningkatan kasus covid 19 di Kabupaten Kepulauan Sitaro," beber Wabub

Bukan hanya itu Wabub Jhon Palandung juga Menghimbau, "kepada para Camat, Lurah, Kapitalau untuk lebih lagi tingkatkan pengawasan, kewaspadaan  terhadap pendatang yang masuk di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro. Fungsi koordinasi antara instansi terkait agar dioptimalkan sehingga mempermudah untuk mengindentifikasi dampak yang mungkin  timbul. Optimalisasi melalui peningkatan langsung oleh TNI dan Polri, terhadap  kemungkinan kerumunan ditempat umum, di objek wisata juga pada acara hajatan pesta. Berkoordinasi dengan Dinas Perindagnaker dan SatpolPP dan Damkar, terkait penertiban dan pengaturan aktivitas transaksi jual beli di pasar-pasar. Dilakukan koordinasi juga dengan pimpinan Gereja, FKUB, Resort GMIST Siau Timur dan Siau Barat, untuk pelaksanaan ibadah sesuai dengan edaran tersebut," Imbuh Wabub.

Turut hadir dalam rapat ini, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro, Djon Ponto Janis, SH, Asisiten Administrasi Umum Sekda, Drs. Denny D. Kondoj, M.SI, Kapolres Sitaro, AKBP.Hansjen Ratag, Perwira Penghubung Danposal Siau, perwakilan Kejaksaan Nageri Kepulauan Sitaro, Kaban BPBD, Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Kadis Kominfo, KasatpolPP dan Damkar serta Camat se-Kabupaten Sitaro.

Comments


EmoticonEmoticon