Sisa Dana Reses Dikembalikan Ke Kas Daerah, ini Rangkaian Kegiatan Bob Nover Janis 23-28 Agustus 2021 - Portalsitaro.com

Friday, 17 September 2021

Sisa Dana Reses Dikembalikan Ke Kas Daerah, ini Rangkaian Kegiatan Bob Nover Janis 23-28 Agustus 2021

Foto: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan
Sitaro Bob Nover Janis

PORTALSITARO.COM -
Merupakan hal yang lumrah bagi setiap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melaksanakan kegiatan reses, karena ini merupakan amanah Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah khususnya Pasal 161 huruf i, j dan k. Pada akhir agustus 2021, bulan kemarin, seluruh punggawa DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melaksanakan Kegiatan Reses guna menyerap aspirasi rakyat di Daerah Pemilihannya (Dapil) masing-masing.


Berbeda dengan reses-reses sebelumnya, khusus pada masa persidangan ini, Seluruh Anggota DPRD memperhatikan himbauan pemerintah serta maklumat Kapolri dalam pencegahan penyebaran covid-19. Untuk itu kegiatan reses kali ini, dilakukan melalui kegiatan kunjungan ke Dapil masing-masing tanpa mengadakan kegiatan pertemuan yang mengumpulkan banyak orang (masa).

Sama halnya seperti yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Sitaro Bob Nover Janis dan Joutje Luntungan. Terlihat pada masa sidang kali ini ada enam (6) tempat di Kabupaten Sitaro yang menjadi agenda kegiatan reses dua (2) orang wakil rakyat tersebut.

Ini deretan dan ulasan serta aspirasi yang di serap oleh Bob Nover Janis dan Joutje Luntungan melalui agenda kegiatan Reses yang digelar pada 23-28 Agustus 2021.


RESES HARI PERTAMA


Hari pertama Reses Bob Nover Janis bersama wakil Ketua DPRD bpk JOUTJE LUNTUNGAN berkunjung ke kantor PLN ULP Siau sehubungan dengan wilayah Tagulandang nyaris listrik padam total pada sabtu minggu kemarin kehabisan BBM.

"Kami mengecek stok BBM PLN Siau agar tidak kehabisan. Tentunya Faktor Cuaca dan Kapal Pihak Ketiga Sangat menentukan pasakon BBM PLN di daerah kita Kepulauan," tulis Bob dalam postingan Fans Page pribadi miliknya.

"Jawaban kepala PLN ULP Siau untuk stok BBM Siau Masih Aman karena baru hari minggu kemarin kapal BBM menambah stok di PLTD. Pihak PLN berusaha semaksimal mungkin koordinasi dengan Pihak ketiga memasok BBM tepat waktu," tutup Bob dalam tulisannya.

RESES HARI KEDUA



Bandara sangat penting bagi satu daerah, Terutama daerah kepulauan yang cuacanya bisa berubah setiap saat, Untuk menjamin kecepatan ketersediaan logistik saat ada bencana alam.

"Reses ini, kami berdua mengecek berita viral beberapa waktu yang lalu, ruang tunggu bandara yang rusak sudah diperbaiki oleh kontraktor penyedia jasa. Sekalian mengecek proyek tambahan runway yang sementara dikerjakan, sehingga panjang total runway menjadi 1.400 meter, cukup untuk pesawat ATR-72 dengan penumpang yang cukup," kata Bob dalam Tulisannya di Fans Page pribadinya.

Semua pembangunan butuh kepedulian dan pengawasan kita bersama, Agar Uang Rakyat dipergunakan dengan baik dan tepat sasaran.


RESES HARI KETIGA


Hari ketiga Bob dan Luntungan Reses di Kampung Sawang Bandil tatap muka langsung dengan Masyarakat untuk menyerap aspirasi.

Beberapa masyarakat mengusulkan untuk diaktifkan lagi kapal Feri dan Kapal penumpang masuk pelabuhan sawang. Agar bisa membantu perekonomian warga sekitar.

Kapitalau juga meminta untuk dikawal Proyek drainase dekat kantor kampung yang sangat penting untuk menghilangkan air tergenang ketika hujan lebat.

RESES HARI KEEMPAT


Hari keempat di Kampung Mala diadakan dialog langsung dengan masyarakat, Untuk mendengar aspirasi.

Begitu banyak usulan untuk kegiatan fisik yang harus dibangun termasuk drainase dan talud pengaman pantai yang sudah sangat mendesak.

Masyarakat mengeluh usulan ini sudah diusul di musrembang tapi tak kunjung juga dibangun.

RESES HARI KELIMA


Reses hari kelima di Puskemas Ulu Siau, mengecek pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan ketersediaan fasilitas serta stok obat.

Seorang ibu mengeluhkan anaknya yang luka di bagian dekat mata kena seng kemarin di Jahit dan membayar Rp.85.000.

"Langsung saya tanyakan ke Kepala Puskemas itu adalah setoran PAD. Tapi untuk perawatan Luka hari ini sudah gratis," kata Bob

Kebetulan juga dari kemarin ada Vaksinasi Covid di Puskesmas ulu, Masih begitu banyak masyarakat yang antri untuk memperoleh Vaksin.

RESES HARI KEENAM


Hari terakhir reses di Pasar ulu, Bob bersama Luntungan turun untuk bertemu langsung dengan masyarakat.

"Keluhan di Pasar Ulu terutama Sampah yang jarang diangkat, Karena sampah kemarin sampai hari ini masih tertumpuk menimbulkan bau dan pandangan tidak elok," ungkap Bob dalam tulisan Fans Pagenya

"Ada juga drainase yang buruk depan pasar ikan, air kotoran pasar tergenang dijalan raya. Setiap kendaran lewat ada bau dan kotoran sering memercik masyarakat yang ke pasar," tutup Bob dalam rangkaian kegiatan Resesnya bersama Joutje Luntungan.

Bukan hanya itu. uniknya, dalam seluruh kegiatan Resesnya, Bob Nover Janis mengembalikan sisa dana Reses yang tidak habis terpakai ke Kas Daerah.


"Kegiatan Reses dari tanggal 23-28 Agustus 2021, untuk saya dana Reses totalnya Rp.15.000.000 dengan Rincian sebagai berikut:
- Makan minum Prasmanan 170 Kepala 50.000 = Rp.8.500.000
- Jasa rohaniawan = Rp.700.000
- Jasa MC = Rp.700.000
- Sound system = Rp.100.000
- Hand santizer = Rp.146.000
- Masker = Rp.184.000 sisanya Rp.4.520.000. Seperti biasa dana Reses jika tidak habis terpakai dikembalikan ke kas Daerah. Walaupun sedikit bisa menambah Kas Pemerintah daerah untuk penanganan Pandemi Covid-19,"
terang Bob.

Dengan mengembalikan sisa dana reses, sontak postingan Bob Nover Janis dalam Fans Page pribadinya menuai polemik oleh warga net (Netizen). Berikut jawaban Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro Bob Nover Janis.

POLEMIK SIAPA YANG PEGANG DANA RESES

"Sebenarnya ini tidak perlu dibahas karena sudah jelas, Jika Ada dana sisa tidak dikembalikan akan kena TGR dari BPK dan bisa berlanjut menjadi Kasus korupsi.

Ini adalah Foto ketika Kami DPRD melakukan kunjungan kerja 20 Agustus 2021 ke DPRD Kota Manado yang diterima oleh SEKWAN Kota Manado.

Sempat ditanyakan oleh salah satu Anggota DPRD, siapa yang pegang uang operasional saat Reses di kota Manado?

Pejelasan SEKWAN kota Manado bahwa di kota Manado Uang Resesnya dipegang oleh Anggota DPRD. Setelah Saya membaca lagi setiap berkas pertanggung jawaban dana reses ditujukan kepada sekertaris DPRD Kab Kep Sitaro ditanda tangani oleh yang membuat pertanggung jawaban adalah Anggota DPRD sendiri.

Di Sitaro Sejak dahulu dana Reses ditransf ke Rekening Pendamping Reses. Jadi saat saya Reses tetap yang pegang uang Operasional Reses adalah pendamping dengan melaporkan rincian pemakaian setiap hari.

Nanti saat selesai Reses saya mengecek laporan pendamping jika ada sisa dananya saya minta dikembalikan ke KAS DAERAH. Karena laporan pertanggung jawaban dana Reses Jelas tertulis yang membuat pertanggungjawaban saya sendiri bertanda tangan (Anggota DPRD itu Sendiri),"
tandasnya.

(Redaksi)
Comments


EmoticonEmoticon