Cara Mudah Cetak KK dan Akta Lahir Secara Online

Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Namun dengan adanya Aplikasi ini anda tidak perlu lagi bersusah payah mengurus kembali dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

Sebelum menginstall aplikasi tersebut anda harus meng-Update aplikasi Whatsapp, agar aplikasi tersebut berjalan dengan lancar. Untuk mengunduhnya anda bisa klik BUKA, OPEN, INSTALL atau DOWNLOAD dari handphone kamu

Ada 4 jenis dokumen yang diperbolehkan oleh pemerintah untuk dicetak Buat Ktp Online sendiri, antara lain:

  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Akta Nikah
  • Akta Kematian

Masyarakat dapat mencetak KK secara mandiri dengan menggunakan kertas putih polos jenis HVS A4 80 gram. Inovasi ini dibuat oleh Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri untuk mempermudah masyarakat yang akan cetak kartu keluarga secara online

Anda tidak perlu lagi antri di kantor dukcapil untuk mengurus dokumen-dokumen Buat Ktp Online tersebut.

Dokumen yang telah di print dirumah memiliki kekuatan hukum loh, jadi kamu tidak perlu khawatir akan sah atau tidaknya dokumen tersebut karena pemerintah sudah membuat aturannya.

Anda juga bisa mengecek dokumen tersebut asli atau palsu dengan cara scan kode QR menggunakan kamera smartphone. Buka situs www.dukcapil.kemendagri.go.id lalu scan kode QR di website pemerintah tersebut.

Setelah itu akan ditampilkan data lengkap dari masing-masing anggota keluarga.

Apabila dokumen tersebut asli maka hasil pindai akan muncul tanda centang warna hijau dan tertulis dokumen aktif, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemohon, nama pemohon dan nomor dokumen.

Namun jika dokumen palsu atau tidak sesuai dengan database maka akan muncul centang warna merah.

Untuk Persyaratan Buat Ktp Online bisa mengikuti Langkah-langkah berikut ini :