Cara Mudah cetak KK online mandiri

Cara Cetak KK Mandiri di Internet Meski pemerintah telah memfasilitasi pencetakan kartu keluarga secara online, masyarakat tidak bisa mencetak KK sendiri tanpa izin. Ada aturan dan langkah yang harus dilakukan untuk mencetak KK Internet mandiri.

Berikut cara cetak kartu keluarga sendiri secara online, dikutip dari situs resmi Indonesia.go.id:

  1. Mengajukan permohonan pencetakan KK secara online dengan mendatangi kantor Disdukcapil setempat. Ini dapat dilakukan secara online melalui situs web ini atau melalui aplikasi layanan kependudukan daerah terkait di smartphone.
  2. Jangan lupa sertakan nomor handphone dan alamat email yang dapat dihubungi Petugas Dukcapil agar software KK dapat mengirimkan kartu keluarga untuk dicetak secara mandiri melalui Internet.
  3. Setelah permohonan diterima, Dukcapil akan memproses pencetakan KK.
  4. Permohonan yang telah disiapkan akan disetujui oleh Dukcapil oleh Kepala Dinas Dukcapil setempat dengan tanda tangan elektronik berupa kode QR.
  5. Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) selanjutnya akan mengirimkan notifikasi melalui email berupa SMS dan link website Dukcapil serta informasi tentang file PDF. Selain itu, Anda akan diberikan password untuk membuka layanan cetak kartu keluarga online.
  6. Jangan lupa untuk mengecek kembali print data KK online yang dikirim oleh Dukcapil, maka tidak ada error, jika ada mohon segera menghubungi kantor Dukcapil setempat atau website resmi Dukcapil.
  7. Jika semua data KK yang disajikan benar, KK dapat mencetak secara mandiri langsung melalui Internet.
  8. Simpan soft file KK dengan aman dalam format PDF sehingga Anda dapat menggunakannya kembali dan mencetak kartu keluarga secara online.
  9. Ini adalah syarat dan ketentuan cetak KK online dari rumah. Cara ini tidak hanya berlaku untuk pencetakan KK tetapi juga dapat digunakan untuk dokumen kependudukan lainnya seperti akta kelahiran.